Gereja HKBP Rawamangun, Gerejaku di Jakarta

Gereja HKBP Rawawamgun difoto dari lampu merah prapatan Balai Pustaka hari Minggu tanggal 16 Mei 2010, pas ada acara Penahbisan 53 Pendeta HKBP oleh Ephorus Pdt. Dr. Bonar Napitupulu. Ya, gereja di beralamat di Jl. Balai Pustaka Raya no. 33, Rawamagun, Jakarta Timur 13220.  Di Gereja HKBP Rawamangun inilah aku sering kebaktian minggu di Jakarta. Di sinilah aku juga terdaftar sebagai anggota HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) wijk Utan Kayu - Kayumanis......
.
.
Gereja ini termasuk gereja besar di Jakarta. Soale selain bertingkat dan jemaatnya banyak banget, kebaktian minggunya ada enam kali. Mulai dari jam 6.00 pagi sampai jam 19.00 malam. Klo aku biasanya ikut kebaktian alternatif jam 12.30 siang. Soale kebaktiannya pake band dan tepuk tangan, mirip kebaktian aliran karismatik dan pantekosta. Tapi kadang-kadang juga masih ikut kebaktian pagi yang jam 9.00 wib.
.
Fasilitas gereja ini lengkap. Selain pake AC (Air Conditined) juka pake OHP (Overhead Projector) yang langsung dari laptop/notebook. Selain itu pengiring musiknya lengkap, gak cuma piano/organ, tapi udah pake band, bahkan saxophone. Selain itu, di sini juga ada perpustakaan dan klinik. Sedangkan sekolah minggunya punya gedung sendiri yang pembangunannya sudah mencapai tahap akhir. Lokasi bukan disini tapi masih di daerah Rawamangun juga.
.
Jemaatnya juga banyak banget dan beragam. Dari pelajar, mahasiswa, sampai tokoh-tokoh terkenal. Yang aku tahu, Tumpak Hatorangan Panggabean (mantan Ketua KPK) dan Hotman Paris Hutapea merupakan jemaat HKBP Rawamangun. Aku beberapa kali ketemu pas kebaktian jam 9.00 pagi. Muda-mudi (naposobulung) juga aktif. Mereka punya mading Napzone, friendster, facebook, dll.
.
Sejarah HKBP Rawamangun Jakarta
.
Dalam menentukan kapan hari jadi atau hari berdirinya gereja-gereja tertentu, dalam kajian sejarah Gereja, biasanya ada tiga cara yang digunakan. Pertama, kapan tiba Penginjil yang pertama untuk memberitakan Injil di wilayah tersebut. Kedua, kapan Sakramen Baptisan Kudus yang pertama diadakan. Ketiga, kapan sidang raya atau sinode (konsili) atau bahkan ibadah pertama kali diselenggarakan oleh warga.
.
Dalam sejarahnya, Gereja HKBP Rawamangun sudah merayakan (pra)-Jubileum 25 tahun pada tanggal 17-19 November 1989. Pada tanggal 21 Juni 2010 ini HKBP Rawamangun genap berusia 46 tahun.
.
Mengapa 21 Juni? Sebab pada Minggu 21 Juni 1964 adalah peristiwa penting dan bersejarah dimana diselenggarakan Ibadah Pertama dalam persekutuan warga jemaat yang kemudian hari diakui sebagai tanggal berdirinya HKBP Rawamangun Jakarta. Dan pada ibadah Minggu 13 Desember 1964 secara struktural diresmikan menjadi Huria Na Gok dengan warga 50 KK (325 orang) yang dipimpin oleh Gr.St. Saladin Sarumpaet, yang pada saat itu berafiliasi sebagai Huria Pagaran dari HKBP Resort Jakarta, HKBP tertua di Jakarta, yaitu yang berada di Jl. Kramat IV/37 Kernolong, Jakarta Pusat.
.
Sejarah HKBP Rawamangun dapat dibaca lengkap dalam buku Seperempat Abad HKBP Rawamangun 1964-1989 - Mengenang Pengalaman Sebuah Jemaat Selama 25 Tahun. Dalam buku ini diperoleh informasi historis 25 tahun pertama dan juga suatu penilaian historis mengenai perjalanan sejarah HKBP Rawamangun sejak awal berdirinya. Mulai dari ibadah-ibadah di rumah warga jemaat, HM Hutagalung yang di Jl. Pinang nomor 1, dan kemudian pindah tempat beberapa kali hingga beralamat "permanen" di Jl. Balai Pustaka Raya 33 Jakarta sampai sekarang.

11 komentar:

  1. ini gereja ku loh, seneng banget gereja disini terutama muda-mudi nya.

    BalasHapus
  2. Syalom;
    Sebagai Apresiasi kami bagi "PETUGAS LITURGI" di Gereja HKBP RAWAMANGUN, kami memberikan DISCKON 20% dari harga resmi layanan salon kami.
    NEW BEAUTY SALON
    Jl. Raya Taruna No:39 C (Sebelah Indomaret)
    Kayu Putih Selatan Raya
    jakarta Timur.
    RESERVASI: 021 2735 4129
    http://newbeautysalon.blogspot.com

    Tuhan memberkati

    BalasHapus
  3. Syalom;
    Sebagai Apresiasi kami bagi "PETUGAS LITURGI" di Gereja-gereja, kami memberikan DISCKON 20% dari harga resmi layanan salon kami.
    NEW BEAUTY SALON
    Jl. Raya Taruna No:39 C (Sebelah Indomaret)
    Kayu Putih Selatan Raya
    jakarta Timur.
    RESERVASI: 021 2735 4129
    http://newbeautysalon.blogspot.com

    Tuhan memberkati

    BalasHapus
  4. shalom , kami pelayanan kedukaan bahtera mulia salah satu pelayanan kedukaan pertama yang memberikan sentuhan adat batak terlengkap dengan harga murah,mulai : peti jenazah style eropa,musik gondang,foto & nideo ,san diego hills dengan harga sangat murah, hub :081 311 31 2002. fb:solusi duka bahtera mulia/www.petijenazah.org

    BalasHapus
  5. Selamat siang,
    Boleh saya gunakan informasinya lae?
    untuk website gereja?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. gabe masihol naeng mulak tu jakarta

    BalasHapus
  7. gabe masihol naeng mulak tu jakarta

    BalasHapus
  8. wahh , papaku mau dipindahin jadi pendeta dsini loh, tapi sayangnya hny sbg pendeta diperbantukan :( sepertinya menarik , ntar kalo aku udah tamat sma dan kuliah , aku pengen deh ke gereja ini :D

    BalasHapus
  9. boleh saya minta informasi, jadwal ibadah kamis putih jam berapa yah amang di gereja hkbp rawamangun ??????????

    BalasHapus
  10. Informasi yang bagus dan bermanfaat.
    Bagi rekan-rekan pelayaanan gereja yang ingin menjadi SoundMan dan menguasai teori dan teknik pengoperasian berbagai alat, serta mengatasi feedback, noise, dsb., dapat mengikuti training di Sound System School (www.SoundSystemSchool.com).
    Untuk meningkatkan keterampilan SoundMan inilah, maka para instruktur Sound System School (SSS) merancang materi yang khusus materi pelajaran yang diberikan lengkap sesuai kebutuhan operator live sound. Materi pelajaran ini dilengkapi teori dan banyak praktek. Dan bersertifikat.
    Info, kunjungi, www.soundsystemschool.com atau

    CP : 021 93930555 / 08998100555.
    Good Luck.

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas hadirnya blog yang bermanfaat ini.
    Persiapan Menghadapi Natal 2015, pastikan sewa sound system berkualitas khusus acara-acara Natal.
    Untuk info selengkapnya klik http://www.QualitySoundRental.com

    BalasHapus

Guestbook (Buku Tamu) :

.